- Berita Terkini, Bisnis, Finance

Menhub Segera Umumkan Tarif Baru Ojek Online

Trend Bisnis – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan mengumumkan penyesuaian tarif ojek online (ojol), Rabu (7/9/2022) besok. Penyesuaian tarif dilakukan karena telah memperhitungkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Untuk penyesuaian tarif ojek online (ojol) akan kami umumkan. Dengan besaran yang telah disesuaikan dengan kondisi terakhir penyesuaian harga BBM,” kata dia seperti dikutip dalam keterangannya, Selasa (6/9/2022).

Menhub telah mengarahkan Dirjen Perhubungan Darat untuk berkomunikasi dengan mitra pengemudi ojol dan pengguna. Hal itu dilakukan guna berjalan dengan baik.

Sebelumnya, Kemenhub telah dua kali menunda kenaikan tarif ojol. Alasan penundaan tersebut karena perlu adanya sosialisasi kepada pihak terkait.

Serta mempertimbangkan berbagai situasi di masyarakat. Rencana penyesuaian tarif merupakan implementasi Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022.

Implementasi itu menjelaskan tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat. Adapun, besaran tarif ojol dibagi tiga zona.

Di antaranya, Zona I meliputi Sumatera dan sekitarnya, Jawa dan sekitarnya. Selain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi; dan Bali akan diberlakukan besaran tarif batas bawah.

Yaitu sebesar Rp1.850 per km, batas atas sebesar Rp2.300 per km. Serta tarif minimal dengan rentang biaya jasa antara Rp9.250 hingga Rp11.500.

Zona II meliputi wilayah Jabodetabek besaran tarif batas bawah sebesar Rp2.600 per km. Tarif batas atas sebesar Rp2.700 per km, dan tarif minimal dengan rentang biaya jasa.

Yakni sebesar Rp13.000 hingga Rp13.500. Sedangkan Zona III meliputi wilayah Kalimantan dan sekitarnya, Sulawesi dan sekitarnya, Kepulauan Nusa Tenggara dan sekitarnya.

Serta Kepulauan Maluku dan sekitarnya, Papua dan sekitarnya. Tarif bawah sebesar Rp2.100 per km, tarif batas atas sebesar Rp2.600 per km.

Tarif minimal dengan rentang biaya jasa. Antara Rp10.500 hingga Rp13.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *